Yuk Intip Konten Promosi dari Brand Dunia yang Sukses Memikat Pelanggan

Image Description

Okti Nur Alifia

1 tahun yang lalu Marketing
Share:
Image Description

Berbisnis tidaklah jauh dari aktifitas promosi. Untuk mengenalkan seluas-luasnya produk dari brand kita. 

Semua itu bisa disatukan dalam sebuah konten promosi yang bisa dilihat tak hanya dari mereka yang sudah menjadi pelanggan, tapi bahkan orang-orang yang belum mengenal brand kita.

Karena sejatinya, konten promosi menargetkan dua hal. Mengajak orang baru untuk menjadi audience dan menambah keyakinan yang sudah tahu brand kita untuk menjadi calon pelanggan.

Konten promosi pun tak terbatas, mulai dari cuma gambar, video, bahkan proyek kolaborasi. Konten promosi pun bisa dilakukan oleh berbagai lapisan bisnis ataupun usaha.

Nah kali ini Gogo akan kasih tahu ke Sociozen, konten promosi dari tiga brand dunia yang sangat sukses memikat pelanggan. Siapa tahu kamu bisa terinspirasi. Yuk disimak.

McDonald's - BTS Meals

Sumber: Instagram McDonald's Indonesia @mcdonaldsid

McDonald's siapa yang tak kenal dengan restoran cepat saji ini. McDonald's yang didirikan tahun 1955 di California, Amerika Serikat ini sudah mempunyai sudah ribuan cabang restoran di 100 negara di dunia ini. 

Pada Juni 2021 kemarin, dunia dihebohkan dengan promosi McDonald's yang menggaet grup Kpop dunia yaitu Bangtan Sonyeondan atau lebih dikenal BTS.

Bertajuk promo BTS Meals, McDonald's sukses meningkatkan omzet dengan target market Army, fans BTS yang banyak tersebar di seluruh dunia. Dengan jumlah 18 juta orang, Army masuk dalam kategori fandom terbesar di dunia.

Indonesia yang juga bagian dari Army, menjadi salah satu negara yang berhasil terpikat dengan konten promosi viral dari McDonald's ini.

Bagaimana bentuk promosinya?

Hasil dari konten promosi ini, BTS Meals menjadi viral. McDonald's semakin melejit namanya, para Army dengan sukarela memposting berbagai produk BTS Meals ini di media sosial. 


 

Bayu Sutikno, Pakar pemasaran dari Universitas Gadjah Mada menilai konten promosi McDonald's ini sangat kretif. Hal ini termasuk dalam brand community marketing dan viral marketing.

McDonald's mempunyai spesifik target yaitu Army yang sangat loyal dan fanatik terhadap BTS. BTS menjadi referensi fansya terhadap empat hal: fashion, fun, juga musik, film, dan food. BTS Meals pun menjadi trending topic di berbagai media sosial. 

Nike - Just do It

Sumber: Kibrispdr.org

Siapa sih yang tak kenal Nike? Salah satu top brand fashion olahraga yang sudah sangat terkenal di dunia.

Nike yang didirikan tahun 1964 ini mempunyai konten promosi yang berhasil memikat pelanggannya di seluruh dunia dengan emotional branding.

Emotional branding ini seolah menciptakan perasaan atau kebutuhan audiencenya, dengan tagline terkenalnya "Just Do it.". Nike membuat konsumennya untuk berpikir, dengan membeli produk Nike, masalah konsumen akan selesai dengan sendirinya.

Nike sangat tahu bahwa konsumen akan lebih mengapresiasi kepada brand yang juga peduli lingkungan, contohnya saja dalam hal sosial. Nike mendirikan komunitas toko di Detroit, sebuah kota yang pernah mengalami kesulitam ekonomi bertahun-tahun. Nike memberikan fasilitas pusat kebugaran fisik untuk masyarakat di kota tersebut.

Tak hanya sampai disitu, bahkan Nike mendirikan Nike Social & Community dengan beragam aksi, seperti memberdayakan anak-anak yang ingin menggapai mimpinya di bidang olahraga dalam program "Made to Play." Selain itu Nike juga berkolaborasi dengan 60 organisasi sosial.

Totalitas pun sangat dilakukan Nike sebagai top brand olahrga, dalam video promosinya Nike pernah membuat iklan yang berjudul "You Can't Stop Us." yang menggunakan 4000 rekaman yang berisi 36 pasangan atlet seri split screen dinamis.

Selain itu saat Olimpiade Rio 2016, Nike pun banyak mensupport banyak tim dan atlet dengan mensponsori mereka untuk menggunakan produk Nike. Nike juga menjadi salah satu sponsor dalam gelaran dunia, FIFA World Cup 2014. 

Tak sampai disitu Nike juga berinovasi yang menyematkan teknologi fitur canggih di setiap jenis sepatunya, seperti Nike Air Max yang terdapat teknologi Air Sole unit di pijakan agar yang menggunakan nyaman dan terhindar dari cedera. 

Nike juga mengembangkan Nike+Run Club, untuk mengetahui seberapa jauh dan cepat seseorang dalam berolahraga. Teknologi terbaru lainnya adalah Flyknit dan self-lacing pada sepatu Nike HyperAdapt.

Meskipun sudah menjadi brand besar, Nike tetap melakukan kolaborasi dengan brand ternama lainnya seperti Apple, Supreme, Dior,Comme des Garçons bahkan, dan juga artis seperti Drake, G-Dragon.

Nike yang memiliki niche market khusus di bidang olahraga juga bekerja sama dengan para atlet, seperti sepatu Air Jordan atau Mercurial Superfly CR7.

Coca Cola - Share a Cock

Sumber: Instagram Coca Cola Indonesia @cocacola_id

Coca Cola, minuman yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Coca Cola diproduksi oleh The Coca Cola Company, yang merupakan perusahaan minuman berkarbonasi terbesar di dunia. 

Lebih dari 500 merek telah diproduksi, tak hanya Coca Cola ada juga merek terkenal seperti Fanta, Pepsi, dan Sprite.

Bicara konten promosi, Coca Cola lebih mengutamakan konsep membangun interaksi 

antar para pembeli, melalui fasilitas yang dikembangkan oleh Coca Cola sendiri, di berbagai produknya. Berbagai konten promosinya diantaranya:

Coca Cola mempunyai kampanye "Share a Coke". Kampanye sederhana ini berhasil memikat banyak pembeli dan orang-orang pun merasa spesial ketika meminum Coca Cola.

Coca Cola  mencetak nama-nama seseorang di dalam kaleng. 

Kampanye ini berhasil membuat Coca Cola tak hanya sekedar minuman, tapi juga ada keunikan dan ketertarikannya sendiri bagi yang membeli ketika memiki kaleng dengan label nama seseorang yang mereka kenal.

Di tahun 2011, kampanye ini berhasil meningkatkan 7 persen penjualan, juga 870 persen kunjungan di Facebook Coke. 

Coca Cola beberapa kali membuat mesin minuman yang membuat pembeli lebih dekat dengan Coca Cola. Mulai dari mesin penjual yang mengeluarkan minuman dengan cara memeluk. Ada juga mesin penjual yang dirancang dapat mengeluarkan minuman berkali-kali, sehingga orang berpikir mesin tersebut tengah rusak. 

Coca Cola pun mendesain berbagai variasi jenis kemasan yang membuat pembelinya lebih dekat, seperti Coca Cola kaleng yang bisa dibagi dua dan diminum bersama. Ada juga botol Coca Cola yang dimana kamu harus punya teman untuk melepaskan tutup botolnya.

Begitulah beberapa contoh bentuk konten promosi dari brand dunia yang fenomenal dan sukses memikat memikat pelanggannya. Bagaimana SocioZen, kamu ada inspirasi untuk konten promosi bisnismu?

GoSocial juga bisa membantu bisnismu semakin dikenal banyak orang. Melalui berbagai pelayanan digital marketing yang bisa meningkatkan pelangganmu, mulai dari branding&design, social media management, social media engagement, digital campaign, hingga website solution.


Sumber :

mcdonalds.co.id
bisnis.tempo.co
m.antaranews.com
koinworks.com
kumparan.com

 


 

Share:

Related articles