5 Tips Mudah Membuat Website Bagi Pemula

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Kabar UMKM
Share:
Image Description

Membuat website untuk bisnis, tentunya bukan menjadi hal yang asing lagi dalam dunia digital marketing.

Namun, tidak semua pebisnis terutama para pemula yang membuat website sebagai media penunjang pemasaran bisnisnya. Seringkali para pebisnis pemula juga merasa kesulitan dalam memulai membuat website untuk bisnisnya. Hal tersebut yang membuat pebisnis pemula tidak banyak memanfaatkan website sebagai media pemasaran. Dan hanya terbatas pada penggunaan beberapa media sosial saja. 

Buat kamu para pebisnis pemula, membuat website bisnis ini juga menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat penting untuk bisa menunjang pemasaran bisnismu.  Melalui pembuatan website ini bisa memberikan banyak manfaat bagi bisnismu, seperti memperluas target pasar, memberikan informasi yang jelas kepada audiens hingga membangun branding produk atau layanan bisnismu. Jika kamu merasa kesulitan dalam membuatnya, yuk simak caranya !

 

Inilah Tips Membuat Website yang Mudah

 

  1. Tentukan Jenis Website BisnismuSumber: pexels

    Sebelum kamu membuat website, langsung yang paling awal agar tidak bingung ketika proses pembuatan yaitu menentukan jenis website. Berbagai jenis website bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Misalkan ada website toko online yang berfungsi menjadi media untuk menjual produk atau layanan jasa, website berita yang berfungsi untuk media menulis artikel hingga website portofolio yang berfungsi sebagai media membangun branding secara profesional. 
     
  2. Gunakan Platform Website yang PraktisSumber: pexels

    Seringkali banyak pebisnis yang kesulitan membuat website karena minimnya pengetahuan terkait dunia coding.  Hal ini bisa kamu atasi dengan cara menggunakan platform website yang tidak perlu menuntut kamu untuk mengetahui coding. Platform apakah itu ? Yeah, Wordpress jawabannya. Dengan menggunakan platform ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan bahasa pemrograman. Bahkan platform ini juga bisa kamu gunakan secara gratis loh !
     
  3. Tentukan Hosting &  Domain Bisnismu

    Sumber: pixabay

    Dua hal ini sangat erat kaitannya dengan website. Sebelum kamu membuat website, terlebih dahulu tentukan hosting yang akan jadi media untuk penyimpanan data. Kemudian kamu juga perlu menentukan domain yang akan menjadi alamat website menuju bisnismu. Namun sayangnya, hosting & website ini berbayar ya !
     
  4. Mulai Install Platform Website

    Sumber: pixabay

    Setelah kamu sudah menentukan hal-hal yang dibutuhkan dalam membuat website, langkah selanjutnya kamu bisa install website. Langkahnya cukup mudah. Mulai dari login cPanel, buka softaculous installer & klik WordPress, klik tombol install now, pilih domain, isi detail website bisnismu, masukan username serta password dan proses install selesai !
     
  5. Lakukan Optimasi Pengaturan Website Bisnismu

    Sumber: pixabay

    Setelah WordPress sudah terpasang, langkah selanjutnya kamu perlu mengatur optimasi website bisnismu agar bisa menarik. Seperti halnya mengatur tema website, mengganti permalink, membuat sitemap hingga mengatur keamanan website bisnismu. Selain itu, untuk memaksimalkan kinerja website bisnismu, kamu juga bisa install aplikasi lainnya seperti google analyticsplugin SEO (search engine optimization) maupun plugin backup

 

Berdasarkan 5 cara praktis tersebut, kamu bisa mulai mengoptimalkan media pemasaran bisnismu dengan membuat website. Cara tersebut sangatlah mudah bagi para pemula yang ingin memanfaatkan peluang adanya website bisnis. 

Jika kamu masih merasa kesulitan dari cara-cara di atas, ada cara yang lebih praktis lagi dengan menggunakan jasa pembuatan website di GoSocial. Tentunya kamu akan mendapatkan banyak kelebihan & harga yang terjangkau ya !


 

Share:

Related articles