Membangun Bisnis Sukses dengan Produk Digital

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Kabar UMKM
Share:
Image Description

Membangun bisnis dalam dunia digital tentunya bukan hal yang mudah. Hal ini karena dinamika kompetisi yang sangat cepat. 
 

Tapi hal tersebut bisa kamu atasi jika memiliki ide bisnis yang baik. Salah satunya dengan berbisnis produk digital. Dan tentunya dengan cara serta strategi yang tepat agar bisnismu bisa berkelanjutan.  
 

Bisnis produk digital ini sekarang sangat potensial karena banyak audiens yang sudah beralih dalam dunia digital, sehingga berbagai strategi dan pengembangan bisnis cenderung berfokus pada digitalisasi usaha. 
 

Masih bingung mau buat produk digital apa ? Yuk simak penjelasan artikel ini! 


 

Apa Sih Produk Digital Itu ?

Produk digital merupakan sebuah bentuk bisnis yang memadukan dengan kecanggihan teknologi dalam membuat produk atau layanan bisnis. Seringkali banyak yang berpikir bahwa produk digital hanyalah sebatas produk fisik yang bersinggungan dengan teknologi, seperti perangkat lunak.

Yeah, pemahaman itu keliru karena produk digital bukan sebatas itu. Semua produk atau layanan yang bersinggungan dengan digital termasuk produk digital. Beragam produk ini bisa menjadi ide bisnis bagi kamu. Tentunya tidak hanya terbatas pada perangkat lunak ataupun perkodingan. 

 

Inilah Ide Produk Digital Buat Kamu


 

Dropshipper

Dropshipper merupakan suatu bentuk produk digital yang menghubungkan antara pembeli dan penjual secara tidak langsung. Jadi kamu bisa berbisnis tanpa memiliki barang ataupun tempat usaha. Bahkan kamu bisa memulainya tanpa modal. Karena modal utama dari dropshipper adalah keahlianmu dalam mempromosikan produk yang akan dijual. Menariknya juga, kamu tidak perlu repot mengirimkan barang pesanan karena akan diurus langsung oleh produsen. Dan kamu juga bisa pilih barang apa yang akan dijual. Sangat menarik bukan ?


 

Kursus Online

Sekarang, banyak orang tua ataupun siswa yang lebih prefer mengambil bimbingan belajar secara online. Hal ini karena mempertimbangkan efektivitas serta biaya yang lebih terjangkau. Produk digital ini bisa kamu gunakan jika kamu memiliki keahlian dalam mengajar. Kamu bisa membangun kursus online sendiri atau bisa bergabung dengan para startup yang sudah berkembang seperti Ruang Guru

 

Content Creator

Di era bisnis serba digital ini, salah satu strategi pemasaran yang potensial yaitu dengan membuat konten. Bahkan konten pribadi juga bisa menghasilkan cuan. Jika kamu punya skill sebagai content creator, baik TikTok, YouTube atau konten tulisan maka sangat potensial bagi kami untuk membangun bisnis ini. Produk digital ini sangat potensial jika kamu memiliki banyak ide out of the box dalam membuat konten yang bisa banyak menarik audiens. 

 

Membuat Toko Online

Banyak sekali para pebisnis terutama UMKM yang bergabung dalam e-commerce untuk menjualkan produknya secara digital. Tapi, kamu harus bisa lebih dari itu dengan membangun toko online sendiri. Dengan bergabung pada para marketplace gerak kamu kurang leluasa. Namun jika kamu bisa membangun toko online sendiri maka arah gerak perkembangan bisnismu akan lebih mudah karena bisa leluasa mengatur tokomu sendiri. 

 

Bisnis Afiliasi

Jenis produk digital ini juga tanpa modal, karena kamu hanya mempromosikan barang dari produsen. Dan jika ada yang tertarik membeli, kamu bisa mengarahkan membelinya melalui kode referal mu. Kemudian kamu akan langsung mendapatkan komisi. Banyak e-commerce yang membuat program ini untuk bisa meningkatkan penjualan para penjual yang bergabung dalam perusahaannya. Bahkan banyak juga produsen yang secara langsung membuat program ini. 

 

Jasa Pembuatan Website

Bagi kamu para anak Teknologi Informatika ataupun yang punya keahlian khusus dalam membuat website, produk digital ini juga sangat potensial untuk berbisnis. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu dengan membuka bisnis jasa pembuatan website. Karena saat ini, banyak juga para pebisnis atau individu yang sadar akan pentingnya website. Bahkan biaya jasa pembuatan website ini sangat luar biasa dalam sekali pembuatannya. Tunggu apalagi, segeralah memanfaatkan peluang ini ya !

 

Jasa Pembuatan Aplikasi

Bukan hanya website, para ahli koding juga harus mengoptimalkan potensi ini. Banyak para perusahaan yang membutuhkan jasa ini. Tapi tentunya, kamu bisa membuka bisnis sendiri agar bisa mendapatkan banyak peluang pasar. Kamu tidak harus bekerja untuk satu perusahaan, tapi kamu bisa membuka usaha jasa pembuatan aplikasi sendiri. Karena potensi penghasilan mu lebih banyak akan jauh lebih besar. 


 

Menjadi Influencer Media Sosial

Sekarang, siapa sih yang asing dengan influencer. Bahkan influencer sering disebut sebagai artis media sosial. Jika kamu memiliki modal untuk bisa mensugesti orang, produk digital ini bisa sangat potensial bagi kamu. Karena untuk saat ini, orang-orang bukan hanya lagi menggemari artis yang ada di layar tapi juga para influencer yang memiliki pengaruh di media sosial. Jika kamu tertarik, kamu bisa memulainya dengan membuat konten yang sesuai dengan potensi dirimu. 

 

Nah itulah produk digital potensial yang bisa kamu coba untuk membangun bisnis dalam dunia digital. Kamu bisa memilihnya berdasarkan potensi dirimu atau minatmu untuk berkecimpung dalam bisnis tersebut. Dan tentunya masih banyak produk digital lain yang bisa kamu gunakan. 
 

Tapi jangan lupa ! Walaupun bisnis produk digital ini sangatlah potensial, bukan berarti akan selalu menjanjikan. Karena pastinya akan tetap bergantung pada strategi-strategi bisnis yang akan kamu gunakan. Salah satunya terkait digital marketing. Dan GoSocial bisa membantumu dalam mengembangkan berbagai strategi digital marketing bisnismu loh ! 


 

Share:

Related articles