Apa Sih Itu Clickbait Marketing? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Pernah mendengar apa itu clickbait? Atau mungkin pernah tidak sengaja menerima informasi dengan judul yang fantastis dan kamu penasaran untuk membacanya, lalu kamu tertarik mengklik link tersebut? Jika kamu pernah mengalami, begitulah apa yang disebut clickbait.
Clickbait adalah konten dengan judul yang dirancang sedemikian unik, menarik, agar memicu perhatian orang dan dengan sendirinya mengklik link yang disebar.
Semakin banyak yang menuju link, semakin sukses pula clickbait yang dibuat.
Clickbait bisa kamu temukan dalam konten, seperti berita, blog, dan video.
Namun, terkadang judul konten dalam clickbait tidak berhubungan seperti yang ditulis di dalam konten. Ada yang memang relevan, bahkan juga sebaliknya.
Hubungannya dengan marketing, clickbait pun juga digunakan untuk promosi. Lalu apakah relevan clickbait dalam marketing? Ini kelebihan dan kekurangannya.
Ciri-Ciri ClickBait
Sumber: Unsplash.com
Judul yang mengandung clickbait mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Judul yang dibuat membuat penasaran dan ingin tahu.
- Judul juga melibatkan rasa emosional pembaca
- Judul juga disajikan dengan gambar atau foto lucu agar pembaca mudah mengingatnya.
Kelebihan Clickbait untuk Marketing
Sumber: Unsplash.com
Meningkatnya Click Through Rate (CTR)
Fakta 8 dari 10 pengguna internet akan mengklik judul konten yang menggunakan unsur clickbait.
Ketika banyak aduience mengklik link, hal ini juga berpengaruh pada jumlah Click Though Rate (CTR) yang meningkat.
CTR tersebut menandakan kontenmu cocok dengan apa yang sedang dibutuhkan pengguna internet. Google akan memposisikan kontenmu lebih baik dalam hasil pencarian.
Pageviews Meningkat
Lanjut dari aktivitas mengklik konten, otomatis audience akan mengunjungi halaman yang dibagikan.
Hal ini akan membuat pageviewsmu meningkat. Saat posisi pageviews naik alias meningkat, kontenmu dianggap bermanfaat oleh Google.
Google akan merekomendasikan kontenmu yang mempunyai unsur clickbait tersebut dalam hasil pencarian atau Search Engine Result Page.
Banyak yang Membagikan (Share)
Jika konten clickbaitmu dikatakan berguna dan sesuai kebutuhan audience, audience dengan sukarela akan membagikan kontenmu.
Kegiatan menshare ini bisa dimanfaatkan untuk menaikkan produkmu dari segi brand awareness.
Brand Awareness Meningkat
Seperti yang dikatakan sebelumnya. Sebuah konten clickbait, ketika semakin banyak audience yang tertarik, lalu membagikan informasi tentang produkmu. Maka brand awareness bisnismu dapat meningkat.
Meningkatkan Kreativitas
Clickbait butuh kreativitas tinggi agar konten menarik dan membuat penasaran.
Adanya clickbait membuat kreativitasmu meningkat. Bagaimana membuat marketing yang sangat menarik dalam kemasan sebuah judul. Pastinya dengan konten yang sesuai.
Income Meningkat
Tujuan dari adanya clickbait tentunya untuk meningkatkan pendapatan.
Selain akses yang mudah karena online, audience akan mulai mengenal dan bahkan membeli brand kamu.
Baca juga: Pentingnya Video Marketing untuk Bisnis Kamu
Kekurangan Clickbait untuk Marketing
Sumber: Freepik.com
Taget Audience yang Tidak Sesuai
Selain mampu menaikkan audience, clickbait juga bisa mendatangkan audience yang tidak sesuai atau berbeda dengan target.
Jika begini, upaya peningkatan pendapatan melalui strategi konten marketing jadi tidak maksimal, bukan?
Meningkatnya Bounce Rate
Bounce rate adalah hasil persentase dari audience yang mengklik tombol “kembali” setelah mengunjungi sebuah situs.
Bounce rate bisa terjadi saat konten cilckbait yang dibuat tidak sesuai dengan judul yang ditulis, audience pun akan meninggalkan konten tersebut.
Selain itu, website tersebut akan terindikasi dengan konten yang tidak sesuai dengan pencarian audience. Google juga tidak akan merekomendasikan konten yang dibuat ke audience, posisi konten di hasil pencarian pun menjadi buruk.
Alangkah baiknya judul yang menarik juga sesuai dengan isinya.
Merusak Image Perusahaan
Ketika clickbait tak sesuai dengan isi konten, akan berpengaruh juga pada image perusahaan.
Untuk jangka panjang, audience pun akan jadi tidak percaya dengan informasi atau konten dengan nama brandmu.
Rating Beresiko Turun
Ketika audience sudah tidak percaya, rating pun akan beresiko turun karena audience bisa jadi tidak mengakses website maupun media sosial yang dikelola bisnismu.
Jadi begitulah kelebihan dan kekurangan clickbait jika digunakan untuk marketing.
Clickbait marketing dapat mendapatkan hasil yang positif, jika konten yang dibuat sesuai dengan judul yang ditulis. Agar tidak berpotensi merusak brandmu sendiri.
Pastikan bisnismu tetap aman walau menggunakan clickbait marketing ya.
Baca juga: SEO & SEM : Strategi Meningkatkan Optimasi Website
Baca juga:
Sumber:
glints.com
niagahoster.co.id
daya.id