Go Social X OCBC NISP : Tips Digital Marketing Hack untuk Pebisnis UMKM


Go Social hadir untuk UMKM melalui webinar online yang berkolaborasi bersama Bank OCBC NISP dengan tema “Digital Marketing Bukan Cuma Social Media, PraktikkinTips Hackingnya untuk Pebisnis UMKM.”
Acara yang telah berlangsung pada Jumat, 25 Juni 2021 ini menghadirkan pembicara dari Founder Go Social Ivan Althirafi, Nadia Rahmadani selaku Retail Proposition Bank OCBC NISP, dan juga Gabriel Rey yang merupakan CEO Triv Indonesia.
Dipandu oleh Gandis Rahma Mahatmi sebagai Corporate Comm Head, Bank OCBC NISP, webinar online gratis ini dihadiri oleh 223 para pengusaha dari berbagai kalangan penggiat bisnis UMKM.
Dengan hastagnya #umkmmenang #melajujauh, tips digital marketing hack yang menjadi pembahasan utama, merupakan hal yang harus dipelajari lebih lanjut untuk para pelaku bisnis UMKM. Berjualan tidak lagi hanya berfokus pada aktivitas promosi secara langsung, melainkan juga melalui digital marketing. Kamu bisa menjangkau banyak pelanggan hanya melalui internet atau aktivitas promosi secara online.
Bagaimana Tips Digital Marketing Hack untuk Pebisnis UMKM?
Lalu bagaimana ya tips digital marketing hack dari Go Social? Tentunya hal ini sudah menjadi kegiatan yang tak asing lagi bagi Go Social dalam menjadi #1 digital agency.
Buat kamu yang belum sempat mengikuti webinar online ini, wajib banget untuk menyimak tips berikut ini yang telah disampaikan oleh founder Go Social Ivan Althiari minggu lalu. Catatan, tips ini hemat biaya alias gratis tanpa kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Yuk mari simak.
1. Branding
Bagaimana memulai digital marketing? Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membranding bisnismu dengan langkah berikut ini:
- Nama/Penamaan: Pastikan kamu membuat nama yang mudah diingat dan membekas.
- Product Insight & Target Market: Tentukan siapa target market bisnismu.
- Core & Added Value: Memberikan keunggulan dari bisnismu.
- Brand Personality: Menciptakan suatu identitas yang membekas dari bisnismu di sisi pelanggan.
- Foto produk/Desain Konten: Mempunyai foto produk dan desain konten yang bagus.
- Logo & Tagline.
2. Local Seo
Penggunaan aplikasi gratis pada Google My Business adalah hal selanjutnya yang penting dilakukan. Ketika kamu belum mempunyai website, minimal bisnismu dapat muncul di search engine ataupun google maps dengan tools tersebut. Apa yang harus dilakukan dengan google my business ya?
- Nama bisnis dengan ditambahkan keyword/tagline. Contohnya: Juliet – Branded Fashion.
- Harus sering melakukan update konten baik foto, jam buka, membalas pesan masuk, dan lainnya.
- Upayakan untuk meningkatkan review positif. Semakin banyak review, maka semakin mempunyai kredibilitas. Google akan meningkatkan rank atau algoritma untuk meningkatkan jangkauan dalam bisnis kita.
3. Konsisten Post di Social Media
Kamu harus konsisten untuk mendapatkan jangakuan audience yang lebih besar, upaya konsisten ini bisa kamu mulai dengan melakukan tiga hal ini:
- Cari tahu jam post optimal. Setiap akun di social media dengan followernya masing-masing mempunyai jamnya sendiri untuk memposting konten. Sesuaikan waktu tersebut dengan social mediamu sendiri.
- Rajin post pada jam yang sama, dengan waktu post yang sama kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk social mediamu
- Update story sesering mungkin, minimal sehari sekali. Story ini digunakan untuk menunjukkan kepada audience bahwa akun yang kamu kelola selalu aktif. Kamu bisa mengisinya dengan soft selling maupun hard selling.
4. Optimasi Konten
Kamu harus selalu memperhatikan kehadiran social mediamu di kalangan audience, dengan selalu meningkatkan optimasi konten agar reputasi social media tersebut selalu meningkat dengan cara seperti ini:
- Perhatikan engagement rate seperti likes, comment, save.
- Ajak teman hingga keluargamu untuk berinteraksi di setiap post. Contohnya saja instagram yang dapat menangkap sinyal positif ketika banyak yang share, atau berinteraksi dengan post yang dibuat sehingga jangkauannya bisa lebih luas.
- Mereka harus berinteraksi mula dari follow, like, coment, hingga save.
5. Manfaatkan Hastag
Hastag sangat penting untuk dimasukkan dalam copy writing atau captionmu untuk meningkatkan engagement. Kamu bisa melakukannya dengan cara seperti ini:
- Cari hastag yang relevan dengan tiap post (minimal 15-25).
- Sesuaikan hastag dengan bentuk post.
- Buat variasi hastag untuk masing-masing jenis pilar konten.
Studi Kasus Bersama Triv Indonesia
Sumber: pixabay.com
Dalam sesi akhir bagaimana digital marketing bekerja pada sebuah bisnis. Lalu meningkatkan jangkuan pelanggan atau audience di bahas tuntas dalam sesi studi kasus bersama Gabriel Rey yang merupakan CEO Triv Indonesia yang sudah menjadi client Go Social selama tiga bulan.
Triv Indonesia sendiri merupakan perusahaan dengan jasa beli dan jual berbagai e-currency, broker, real time dari 100 bank di Indonesia selama 24 jam yang berkantor di Jakarta dan Surabaya.
Triv Indonesia sudah lebih dahulu mempraktekkan tips digital marketing hack bersama Go Social. Hasilnya dalam hasil report instagram sebulan terakhir dari Triv yang dijelaskan oleh Ivan mendapatkan angka profile visit: 4.244, total impression 52,711. dan reach 47, 942. Bahkan mengalami peningkatan yang signifikan dalam interaksi yang dilakukan pada non follower reach alias bukan follower Triv.
“Tujuan kita otomatisnya, fokus tim kita terhadap hal-hal lain contohnya bisa improve partnership dengan beberapa pihak lain, dan sebagainya. Social media kita pasrahkan ke Go Social,” kata Gabriel Rey (CEO Triv Indonesia).
Hal tersebut juga disambung dengan pendapat Ivan terkait efektifitas pebisnis yang lebih baik fokus untuk mengembangkan bisnisnya, dan menyerahkan pengerjaan social media terhadap digital agency atau ahlinya.
“Pebisnis itu harusnya fokus terhadap apa yang mereka jual. Bukan fokus pada hal-hal yang nggak perlu jadi fokusan mereka,” kata Ivan Althiari.
Inilah kehadiran Go Social yang membantu para pelaku bisnis untuk memanajemen sosial media dan meningkatkan engangement mereka. Semuanya bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 900.000 yang sangat menghemat biaya hingga 97% dari biaya asli, yang bahkan dalam realitanya bisa mencapai puluhan juta jika kita membuild tim untuk desaigner grafis, social media specialist, digital marketer, copy writer, hingga admin.
Setelah membaca semua tips digital marketing hack ini apakah kamu sudah siap untuk memulainya? Bagaimana kamu akan memulai aktivitas digital marketingmu?
Tips di atas sangat bisa kamu mulai walau dari rumah saja tanpa mengeluarkan biaya. Pembahasan webinar online ini tidak hanya sampai pada topik ini aja loh. Webinar selanjutnya masih berkolaborasi bersama Bank OCBC NISP dengan tema yang tak kalah seru, “Bicara Tentang Konten Pilar untuk Social Media Marketing UMKM” akan dilaksanakan pada Jumat, 2 Juli 2021. Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi instagram Go Social ya di @gosocial.id