Webinar GoSocial X OCBC NISP Part 2


Konten pilar menjadi pondasi utama bagi bisnismu, dalam memberikan konten yang menarik bagi audience media sosial.
Dengan merancang strategi konten media sosial, bisa jadi power untuk menggaet calon pelanggan baru pada bisnismu dan bisa meningkatkan engagement serta loyalitas pelanggan.
Sesuai materi yang disampaikan pada Webinar GoSocial X OCBC NISP Part 2, bahwa konten pilar menjadi senjata yang ampuh untuk memberikan ide-ide konten yang menarik.
Selain itu, dalam Webinar ini juga membahas hulu hilir konten pilar. Mulai dari tujuan, hingga tips-tips menggunakan konten pilar yang sukses. Yuk simak !
Apa Sih Tujuan Utama Konten Pilar ?
Sumber: Unsplash.com
Kontenmu Bisa Terorganisir
Konten pilar bisa menjadi peta dalam membuat konten media sosial bisnismu. Kamu bisa lebih terencana & konsisten untuk memposting konten yang menarik sehingga bisa meningkatkan engagement dari audience.
Kamu Punya Target Konten
Setiap bisnis memiliki intensitas & bentuk konten yang berbeda. Jika kamu memiliki konten yang beragam jenisnya, maka diperlukan perencanaan postingan konten yang baik. Dengan konten pilar, kamu bisa memenuhi target konten yang sudah ditetapkan sehingga bisa memberikan konten yang beralur & menarik.
Menghasilkan Ide-Ide Segar
Membuat konten pilar juga berarti membuat topik-topik konten. Dalam membuat topik ini, kamu bisa mengupas dari topik yang sifatnya general sehingga banyak topik konten lain yang bisa dieksplor.
Lalu, Gimana Langkah Membuat Konten Pilar ?
Sumber: Pexels.com
Menetapkan Goals
Menentukan tujuan pembuatan konten diperlukan karena tujuan yang berbeda akan memberikan strategi konten yang berbeda juga. Misalkan kamu memiliki tujuan untuk meningkatkan engagement followers, meningkatkan nilai bisnis ataupun untuk meningkatkan branding produk.
Membuat Plan
Setelah menetapkan tujuan, kamu bisa mulai merencanakan bentuk-bentuk konten seperti apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan kontenmu. Kamu juga bisa merencanakan hal lain seperti membuat timeline pengerjaan hingga jadwal upload konten.
Membuat Konten Pilar
Nah, setelah tujuan dan elemen-elemen perencanaan sudah dibentuk, langkah selanjutnya yaitu membuat konten pilar dengan mengupas topik-topik konten yang sesuai dengan bisnismu. Dalam tahap membuat konten pilar, kamu bisa mengeksplor sebaya mungkin topik dan di tahap akhir bisa disaring yang paling sesuai dengan bisnismu. Terdapat 5 kerangka konten pilar yang bisa jadi acuan bagi kamu untuk mengeksplorasi topik, yaitu : (1) Brand, (2) Product or Services, (3) News and community, (4) Promotion, (5) Inspiration.
Terakhir, Gimana Mengembangkan Konten Pilar Yang Sukses ?
Sumber: Freerange.com
Inilah tips-tips menggunakan konten pilar yang sukses dari GoSocial :
- Mengetahui target audience
- Menulis daftar topik yang sesuai dengan audience bisnis
- Melakukan analisis topik konten dengan kriteria : topik yang sering dicari, konten yang secara historis bekerja dengan baik hingga konten yang relate dengan kemampuanmu
- Menghubungkan Ide-ide yang similar
- Melakukan penyaringan topik dengan meninjau ulang topik yang tidak sesuai dengan bisnismu
- Sisakan 4-5 topik untuk pilar konten, namun ini juga tergantung dengan bisnismu ya!
- Selain itu kamu juga bisa analisis dari kompetitor dengan strategi “Amati > Tiru > Make it better”
Itulah cuplikan Webinar GoSocial X OCBC NISP Part 2 terkait power dari konten pilar, yang bisa jadi dasaran bagi kamu untuk meningkatkan engagement audience media sosial dengan membuat konten yang menarik.
Buat kamu yang mau cara instan dalam mengolah konten media sosial, bisa cek layanan Go Social ya!