Kelebihan & Kekurangan Platform Media Sosial Untuk Bisnismu
Hai SocioZen!
Buat kamu para pebisnis yang baru masuk dunia digital, sering nggak sih merasa bingung memutuskan menggunakan platform sosial media apa?
Bingung karena nggak memungkinkan jika menggunakan semua platform media sosial. Tapi nggak tau juga, mana platform yang paling potensial untuk menjadi media pemasaran bagi bisnismu.
Yeah! Bagi kamu pebisnis yang baru masuk di dunia social media marketing, terlebih dahulu perlu memahami kelebihan & kekurangan masing-masing platform media sosial, agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan & kondisi bisnismu.
Yuk Simak, Inilah Kelebihan & Kekurangan Platform Media Sosial
Sumber : Pexels.com
Kelebihan
- Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia sebesar 83%
- Durasi penggunaan paling panjang, rata-rata 30,8 jam/bulan
- Bisa lebih interaktif dalam melayani customer
- Terdapat fitur katalog jika menggunakan WhatsApp Business
- Bisa memanfaatkan fitur story untuk promosi
- Ada fitur integrasi yang menghubungkan dengan aplikasi lain
- Dan lainnya.
Kekurangan
- Terbatas teman dekat atau pelanggan lama
- Promosi story tidak bisa bertahan lama
- Keterbatasan fitur untuk promosi
- Menimbulkan kebosanan pada pelanggan, jika kamu tidak bisa melakukan manajemen waktu promosi
- Pengguna cenderung lebih concern menggunakan sebagai alat komunikasi, dan rentan di skip
- Dan lainnya.
Sumber : Pexels.com
Kelebihan
- Memiliki jumlah pengguna 140 juta di Indonesia
- Pengguna dari berbagai generasi : baby boomers (56%), generasi X (63%) dan generasi millenial (64%)
- Memiliki beragam fitur yang bisa menunjang promosi, seperti fanpage & facebook ads
- Terdapat grup yang terklaster sesuai bidang, jadi kamu bisa lebih mudah menemukan niche bisnismu
- Terdapat fitur insight yang bisa menjadi bahan untuk melakukan evaluasi dan perkembangan konten bisnismu
- Harga promosi terjangkau
- Dan lainnya.
Kekurangan
- Tidak terdapat fitur edit gambar atau video untuk mempermudah membuat konten yang menarik
- Banyak pengguna yang cenderung menggunakan sebagai media interaksi
- Terdapat iklan yang tidak relevan
- Tampilan profil yang kurang menarik
- Komunikasi dengan customer kurang interaktif, jika kamu tidak konsisten dalam mengolahnya
- Dan lainnya.
Sumber : Pexels.com
Kelebihan
- Pengguna sebesar 85 Juta
- Pengguna didominasi perempuan (52,6%) dan laki-laki (47,4%)
- Pengguna didominasi generasi millenial
- Memiliki banyak fitur yang menunjang promosi
- Memiliki banyak fitur yang menunjang konten menarik
- Terdapat fitur insight yang bisa kamu gunakan untuk analisis perkembangan konten
- Terdapat fitur baru (reels) seperti tik tok
- Dan lainnya.
Kekurangan
- Biaya iklan cukup mahal bagi bisnis pemula atau kecil
- Persaingan promosi sangat kompetitif
- Perlu keahlian khusus untuk dapat mengelola konten yang menarik di Instagram
- Perlu konsisten memposting konten dan menyesuaikan algoritma Instagram
- Banyak brand besar dengan promosi yang gencar & konten yang menarik
- Dan lainnya.
Tik Tok
Sumber : Pexels.com
Kelebihan
- Indonesia menempati posisi kedua setelah Amerika, dengan jumlah pengunduh aplikasi terbesar (8,5%)
- Pengguna didominasi generasi muda
- Bisa membuat konten promosi yang menarik & kreatif dari video
- Menyediakan berbagai fitur edit video
- Dan lainnya.
Kekurangan
- Fitur yang tersedia terbatas, hanya konten video
- Komunikasi kurang interaktif
- Memerlukan keahlian khusus dan kreativitas yang tinggi
- Kurang potensial untuk menjangkau banyak kalangan customer
- Dan lainnya.
Nah itulah beberapa platform media sosial yang bisa jadi pilihan buat promosi & pemasaran bisnismu. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan bisnismu, seperti target pemasaran maupun kondisi sumber daya yang kamu punya.
Jika kamu merasa keberatan dalam mengelolah media sosial untuk bisnis, GoSocial bisa memudahkanmu dengan layanan Social Media Management. Selamat mencoba!