Ide Bisnis Digital yang Populer di Tahun 2023

Image Description

Rizky Prayogo

1 tahun yang lalu Marketing
Share:
Image Description

Dari tahun ke tahun dengan dunia digital yang terus berkembang, banyak sekali jenis bisnis digital yang terus bermunculan.

 

Namun, membangun sebuah bisnis digital tentu bukan satu hal yang mudah, akan tetapi dengan kerja keras dan di iringi dengan rasa ingin tahu tentu akan menjadi dorongan agar bisnis digital mu bisa berjalan.

 

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, jelas menambah banyak sekali peluang usaha bisnis digital yang bisa kamu coba. Karena dengan usaha bisnis digital, kamu bisa mempromosikan produk atau layanan jasa mu ke para audiens dari berbagai kalangan. Melalui platform seperti social media, website, atau platform lainnya, hal ini akan mempermudah kamu untuk menjangkau audiens yang sangat luas dan menentukan target pasar dari bisnis mu.


 

Berikut Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba!


 

Social Media Influencer

Sumber: Pexels

 

Jika kamu adalah pengguna social media dengan followers yang banyak, maka peluang bisnis yang satu ini sangat cocok buat kamu! Peluang yang bisa kamu ambil adalah kamu bisa menjadi talent freelance untuk sebuah e-commerce atau olshop, dan bahkan kamu juga bisa membuat jasa endorse apabila social media yang kamu kelola memiliki insight dan engagement yang cukup tinggi. 

Namun ada hal penting yang harus kamu perhatikan yaitu tentang kualitas konten dan persona, dua hal ini merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhatikan karena ini akan menjadi branding dan pembeda antara kamu dan yang lain.
 

Dropshipper

Sumber: Dropshipper

 

Dropshipper adalah seseorang yang menjualkan atau memasarkan produk dari produsen ke konsumen. Tugas dari seorang Dropshipper itu sendiri hanyalah melakukan penjualan produk, yang menjadi pembeda dengan reseller adalah Dropshipper tidak perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu untuk menjualnya. Menarik bukan? 

Keuntungan lain menjadi Dropshipper yaitu tidak perlu repot mengemas dan mengirim produk ke konsumen karena itu adalah tugas dari produsen. Untuk penghasilan yang di dapat oleh seorang dropshipper yaitu berasal dari selisih harga yang sudah ditetapkan dan disepakati oleh produsen dan dropshipper itu sendiri.


 

Afiliasi

Sumber: Twitter

 

Afiliasi merupakan kegiatan mempromosikan atau memasarkan suatu produk yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Seorang afiliasi biasanya akan mempromosikan suatu produk dan mencantumkan link produk tersebut di social media mereka untuk mendapatkan audiens yang luas. Penghasilan dari afiliasi itu beragam, biasanya ditentukan oleh jenis afiliasi itu sendiri. 

Berikut jenis Afiliasi : Pay-per-sale (PPS) : afiliasi dibayar berdasarkan jumlah penjualan yang dihasilkan dari tautan afiliasi yang diklik, Pay-per-lead (PPL) : afiliasi dibayar berdasarkan jumlah prospek yang dihasilkan dari tautan afiliasi yang diklik, Pay-per-click (PPC) : afiliasi dibayar berdasarkan jumlah klik yang dihasilkan dari tautan afiliasi, Pay-per-impression (PPI) : afiliasi dibayar berdasarkan jumlah tampilan yang dihasilkan dari tautan afiliasi, Pay-per-action (PPA) : afiliasi dibayar berdasarkan jumlah tindakan yang dihasilkan dari tautan afiliasi.


 

Online Shop atau E-commerce

 

Peluang bisnis yang satu ini masih cukup menjanjikan karena potensi minat konsumen di Indonesia yang sangat besar. Apalagi saat ini banyak sekali platform e-commerce yang memberikan peluang tersebut, seperti Shoppe, Tokopedia, dan masih banyak lagi. 
 

Atau kamu bisa membangun bisnis digital mu sendiri lewat platform lain yaitu website, manfaat yang bisa kamu dapat saat menggunakan website sebagai platform bisnis digital yaitu kamu bisa membangun branding mu sendiri, memberikan experience yang berbeda ke konsumen, mengelola tampilan bisnis digital sesuai keinginan mu, dan masih banyak lagi. 

 

Ada banyak sekali referensi yang bisa kamu lihat untuk membangun sebuah website bisnis digital, namun bila kamu ingin cara yang mudah dan praktis, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website.


 

Jasa Pembuatan Website


Jasa Pembuatan Website merupakan peluang yang sangat potensial, karena kebutuhan akan website di era digital yang terus meningkat. Apalagi di tengah maraknya bisnis digital saat ini, tentunya  jasa pembuatan website akan sangat dibutuhkan. 

Keuntungan yang bisa diambil dari Jasa Pembuatan Website yaitu jam kerja yang fleksibel, bisa dikerjakan dari rumah, dan masih banyak lagi. Namun di samping itu, juga diperlukan skill yang bagus dan resource yang cukup untuk memanfaatkan peluang yang satu ini.

 

 

Sebenarnya ada begitu banyak peluang bisnis digital lainnya yang bisa untuk kamu explorasi, bahkan kamu juga bisa memanfaatkan passion kamu untuk menjadikannya sebuah peluang bisnis digital. Di barengi dengan skill yang terus diasah dan digital marketing yang baik, tentu akan membuat bisnis digital mu bisa berkembang dengan baik.



 

Share:

Related articles