Kamu Harus Hindari ! 6 Kesalahan Content Marketing

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Marketing
Share:
Image Description

Seringkali banyak pebisnis yang tidak sadar ketika mereka melakukan kesalahan content marketing yang bisa membuat traffic menurun. 

Content marketing sebagai salah satu strategi penunjang business development ini sangat penting untuk meningkatkan brand awareness. Namun jika terdapat kesalahan content marketing, maka hal tersebut bisa menjadi boomerang karena traffic akan rendah. 

Jika kamu tidak memperhatikan kesalahan content marketing bisnismu, maka strategi yang sudah dirancang bisa juga menjadi sia-sia. Oleh karena itu, kamu harus tahu kesalahan-kesalahan dalam membuat content marketing. Yuk simak !
 

6 Kesalahan Content Marketing yang Perlu Kamu Hindari 

 

  1. Tidak sesuai target bisnismu Sumber:  pexels

    Salah satu tujuan pembuatan content marketing yaitu meningkatkan engagement target audiens bisnismu. Namun, jika konten yang kamu buat tidak sesuai target audiens gimana ? Yaps, tujuan itu tidak akan tercapai. Kamu perlu menghindari kesalahan content marketing ini, agar bisa dengan tepat menjangkau target audiens yang dituju. Berbagai aspek bisa kamu lihat dalam membuat konten dari target ini, baik dari usia hingga wilayah dari audiens bisnismu. Misalnya, kamu memiliki target audiens anak-anak. Maka buatlah konten dengan desain yang lucu & pastinya dengan bahasa yang mudah dipahami. 
     
  2. Salah memilih keywordSumber: pexels

    Sebelum membuat konten, tentunya kamu perlu menentukan keyword yang akan menjadi topik kontenmu. Namun, seringkali tidak banyak pebisnis yang memperhatikan ini. Pentingnya riset keyword berfungsi agar bisa menunjang banyak ketertarikan audiens. Jika kamu tidak memilih keyword yang tepat, maka bisa sangat kecil potensinya konten bisnismu dilirik banyak audiens. Hindari kesalahan content marketing ini agar kamu bisa membuat konten dengan traffic tinggi. 
     
  3. Konten tidak menarikSumber:  pexels

    Walaupun keyword konten bisnismu sudah tepat, namun tidak memiliki isi yang menarik juga bisa membuat traffic kontenmu rendah. Indikator menarik ini pastinya dari berbagai sisi, bukan hanya isi konten yang kamu buat. Melainkan juga dari desain atau editing dari kontenmu. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan content marketing ini, karena sangat berpengaruh terhadap ketertarikan audiens dari bisnismu. 
     
  4. Tidak mengikuti trenSumber: pexels

    Salah satu bentuk konten yang mudah menarik perhatian audiens yaitu bentuk konten yang lagi trending. Bukan hanya tren dari topiknya, tapi juga dari berbagai segi lainnya. Seperti halnya konten video, bisa juga kamu lihat dari musik yang dipakai. Kemudian misalkan konten feed Instagram, bisa juga mengikuti tren format editing. Strategi ini sangat penting kamu perhatikan. Jika kamu melakukan kesalahan ini, maka bisa memperkecil kemungkinan kontenmu dilirik audiens.
     
  5. Kamu kurang promosi konten Sumber: pexels

    Sangat disayangkan, jika kamu sudah menghindari berbagai kesalahan content marketing di atas namun tidak maksimal dalam mempromosikan konten yang sudah dibuat. Karena bukan hanya kesalahan dalam proses pembuatan konten, tapi juga saat sudah publish. Salah besar jika kamu hanya berpikir bahwa konten yang optimal sudah bisa memberikan traffic yang tinggi. Mungkin saja bisa, namun bisa lebih tinggi lagi jika kamu gencar mempromosikan kontenmu. 
     
  6. Tidak memantau performa konten Sumber: pexels

    Setelah menghindari berbagai kesalahan di atas, kamu tidak boleh langsung santai ! Karena dunia digital identik dengan dinamika yang sangat cepat. Sangat salah jika kamu berpikir bahwa strategi kontenmu akan selalu ampuh untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Hindari kesalahan content marketing ini, agar kamu bisa terus memaksimalkan content marketing bisnismu. 

 

Nah itulah 6 kesalahan utama content marketing yang bisa menurunkan traffic konten bisnismu. Kamu perlu menghindari kesalahan content marketing tersebut agar tujuan dari business development bisa tercapai dengan maksimal. 

Namun jika kamu merasa kesulitan dalam membuat content marketing, GoSocial bisa membantumu untuk membuat konten bisnismu dengan layanan social media management dan web solution. Tentunya akan terhindar dari kesalahan content marketing dalam proses pembuatan kontennya ya !

Share:

Related articles