Marketing Trends yang Paling Hits di Tahun 2023

Image Description

Rizky Prayogo

1 tahun yang lalu Teknologi
Share:
Image Description

Apakah kamu sudah punya rencana untuk memasarkan bisnis kamu tahun ini? Atau kamu hanya ingin tahu tentang perkembangan marketing trends di tahun 2023 ini? 

Nah, agar bisnis kamu tidak ketinggalan zaman karena trend tiap tahunnya yang terus berubah yuk kita bahas beberapa marketing trends yang bakal hits di tahun 2023!
 

Salah satu teknologi yang diprediksi akan menjadi marketing trends paling hits adalah Artificial Intelligence (AI). Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Teknologi ini sudah banyak digunakan untuk digital marketing dalam beberapa tahun terakhir dan akan terus berkembang setiap tahunnya.

 

Berikut adalah marketing trends yang di prediksi akan hits di tahun 2023 ini.


 

Chatbot

Sumber: Alodokter

 

Chatbot merupakan program berbasis artificial intelligence (AI) yang di program untuk melayani live chat dengan konsumen. Program ini sudah diatur dengan sedemikian rupa agar mampu menjawab berbagai pertanyaan selayaknya manusia normal. Program ini bisa kamu jumpai dalam fitur customer service. Teknologi ini bisa kamu pakai untuk menekan biaya tenaga customer service dalam jumlah yang besar untuk fitur live chat, sedangkan customer akan mendapatkan kemudahan dalam menggunakan fitur live chat karena mereka bisa menghubungi selama 24 jam kapanpun mereka mau.


 

Artificial Intelligence (AI)

Sumber: Pexels

 

Artificial Intelligence (AI) adalah program kecerdasan buatan yang bisa di program untuk memprediksi pola sifat dan aktivitas dari customer. Pada tahun 2020, AI sudah banyak digunakan oleh mayoritas produk dan layanan software di pasaran. Chatbot merupakan salah satu contoh teknologi yang mengandalkan AI. Beberapa contoh teknologi lain yang juga mengandalkan AI yaitu speech recognition dan automatic content generation. Contoh salah satu fitur yang paling populer adalah Google Voice Search.


 

Video Marketing

Sumber: Pexels

 

Sudah pasti video marketing akan masuk ke dalam marketing trends 2023, hal ini dikarenakan konsumsi video pada perangkat mobile terus meningkat setiap tahunnya. Kamu pastinya juga sudah sering menjumpai beberapa platform yang banyak di gunakan untuk video marketing, di antaranya: TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Dan masih banyak lagi. Video marketing merupakan salah satu marketing trends yang efektif karena customer akan melihat video marketing untuk mengambil keputusan dalam pembelian sebuah produk berdasarkan kualitas video marketing, kualitas produk, dan review dari sebuah produk tersebut.


 

Social Media Stories

Sumber: Pexels

 

Stories adalah salah satu fitur pemasaran yang potensial dan perlu kamu manfaatkan di tahun 2023. Sudah banyak platform bahkan sekarang Youtube pun memiliki fitur stories, dan banyak juga brand yang sudah menggunakannya sebagai alat pemasaran karena banyak sekali manfaat yang bisa kamu nikmati dari stories. Contohnya seperti menggunakan hashtag dan location tag, melakukan survei via polling, membuat kuis, dan mengarahkan audiens ke website bisnis kamu.


 

Voice Search

Sumber: Pexels

 

Voice search adalah sebuah teknologi artificial intelligence (AI) yang sudah didesain untuk melakukan pencarian dengan suara. Cukup dengan berbicara, kamu sudah bisa menemukan apa yang kamu cari. Bahkan kamu juga bisa memberikan perintah melalui fitur voice search loh, seperti yang terdapat pada fitur Siri dan Google assistant. Agar website kamu bisa dioptimasi untuk voice search, kamu perlu memasukkan kata keyword karena voice search sangat mengandalkan kata-kata semantik untuk bisa menampilkan hasil pencarian. Oleh karena itu, kamu bisa mulai dengan mempelajari tentang latent semantic indexing (LSI) keyword.


 

Social commerce

Sumber: Pexels
 

Social commerce merupakan perpaduan antara social media dan e-commerce, yang bertujuan agar kamu bisa memanfaatkan kedua fitur ini sekaligus. Kamu bisa melakukan penjualan produk atau jasa melalui akun sosial media, seperti yang terdapat pada facebook marketplace dan postingan instagram.


 

Content Marketing

Sumber: Pexels
 

Content marketing adalah strategi pemasaran yang menekankan pada pembuatan dan distribusi konten yang bermanfaat bagi target audiens, dengan tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Konten tersebut dapat berupa blog post, infografis, video, email, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan content marketing kamu juga perlu memperhatikan beberapa aspek seperti: Target Bisnismu, Memilih Keyword, Isi konten yang menarik, dsb. Hal ini bertujuan agar traffic konten bisnis mu tidak mengalami penurunan yang signifikan.
 

Itu tadi adalah beberapa marketing trends yang sedang hits di tahun 2023. Akan tetapi dengan berjalannya waktu tentu akan bermunculan marketing trends lainnya, maka dari itu kamu juga perlu untuk terus memantau dan mengamati tentang marketing trends untuk meningkatkan bisnismu. Dari beberapa contoh di atas, kira-kira mana nih yang cocok sama bisnis mu?


 

Share:

Related articles