Strategi Memulai Investasi untuk Pemula

Image Description

Okti Nur Alifia

1 tahun yang lalu Kabar UMKM
Share:
Image Description

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata investasi? Apakah kamu merasa asing? Takut? Nggak berani memulai? Atau bahkan bingung?

Investasi  saat ini menjadi hal yang banyak diperhitungkan untuk menyiapkan masa depan. Karena dengan investasi kamu bisa mempersiapkan masa depan. Tentunya masa depan yang bebas dari masalah keuangan. 

Namun berinvestasi memang harus dipersiapkan, jadi kamu perlu tahu bagaimana langkah awal yang tepat untuk memulai investasi

Investasi pada umumnya mempunyai pengertian bahwa investasi adalah sebuah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. 

Kali ini Gogo akan membagikan tips bagi kamu yang berencana untuk memulai investasi. Yuk simak penjelasannya.

Ketahui Dulu Tujuan Jangka Panjang 

Sumber: Freepik.com

Untuk memulai investasi, kamu harus tahu alasan kenapa kamu berinvestasi. Tujuan jangka panjang dari hasil investasimu apa? Jika kamu sudah tahu dan menyusun tujuan jangka panjangmu, saat berinvestasi kamu pun tahu berapa dana yang akan kamu keluarkan. Serta jenis investasi apa yang akan diambil.

Berapa Dana yang Akan Diinvestasikan

Sumber: Pixabay.com

 

Dana yang digunakan untuk berinvestasi biasanya mempunyai persentase dari 20% hingga 40%. Dari kisaran tersebut pastikan kebutuhan primer sudah tercukupi dahulu sebelum memulai investasi.

Pilih Produk Investasi Berdasarkan Tujuan Keuangan

Sumber: Freepik.com

 

Pilihlah produk investasi dengan risiko yang sesuai dengan karaktermu, kesanggupan serta dana yang kamu keluarkan.

Ada dua jenis investasi untuk pemula:

1. Investasi berbentuk aset nyata atau wujud nyata seperti tanah, emas, sampai properti.

2. Aset finansial yang berhubungan dengan keuangan. Seperti saham, deposito, obligasi.

Jenis Investasi

Sumber: Freepik.com

 

Inilah beberapa jenis investasi yang bisa kamu coba untuk menyiapkan masa depanmu, yuk disimak.

  1. Emas
    Hingga saat ini investasi emas tergolong masih menjadi investasi yang populer di masyarakat. Emas pun juga cocok untuk kamu para investor yang memiliki rancangan investasi dengan risiko rendah dan juga tahan terhadap laju inflasi. Investasi emas pun mudah dicairkan.
     
  2. Deposito Berkala
    Investasi deposito adalah investasi dengan resiko kerugian yang rendah. Investasi ini cocok untuk pemula. Namun investasi deposito mempunyai jangka waktu tertentu untuk pengambilan dana. Kamu tidak bisa mengambil dana sebelum jatuh tempo.
     
  3. Reksa Dana
    Investasi ini cocok bagi kamu yang mempunyai dana kecil, karena Reksa Dana bisa dimulai dengan modal Rp 50.000. Keuntungan dan juga resiko jenis investasi ini tergantung jenis reksa dana yang kamu pilih. Jadi, pastikan perusahaan yang kamu pilih adalah perusahaan yang sudah kamu pelajari terkait reputasi dan tentunya bisa diandalkan.
     
  4. Surat Berharga Negara
    Investasi surat berharga negara atau biasa dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN), investasi ini cukup banyak digemari masyarakat. Investasi ini juga cocok bagi kamu uang mempunyai modal kecil dan belum mau mengambil resiko besar. Contohnya seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI), Saving Bonds Ritel (SBR), Suku Ritel dan Suku Tabungan  Negara.
     
  5. Saham
    Investasi saham adalah kegiatan yang menjadikan kamu turut mengeluarkan modal untuk sebuah perusahaan. Kamu pun akan mendapatkan pembagian hasil (deviden). Keuntungan investasi saham tidaklah terbatas, tetapi investasi saham juga mempunyai resiko yang sangat tinggi karena bisa naik maupun turun setiap saat.
     
  6. Properti
    Investasi di bidang properti membutuhkan modal yang besar untuk perawatan dan juga biaya pajak. Namun properti pun dapat menghasilkan keuntungan yang besar karena harga tanah dan rumah dapat meningkat setiap tahunnya. Resiko dari investasi properti pun tidak sebesar seperti investasi saham. Tetapi untuk  mencairkan dananya tidaklah cepat karena membutuhkan waktu untuk menjualnya.

Begitulah serba-serbi investasi yang perlu kamu perhatikan untuk pemula. Pastikan kamu paham berbagai informasi tentang investasi seperti beberapa poin di atas dan berbagi praktik lapangan lainnya agar misi kamu dalam berinvestasi semakin mudah dan sukses.



Sumber :

kejarmimpi.id
id.tanamduit.com


 

Share:

Related articles