Sulitkah UMKM Bertahan di Tengah Pandemi ?

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Data
Share:
Image Description

Pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai, menjadi tantangan besar para UMKM bertahan

Jika kamu tidak bisa beradaptasi dengan cepat, maka bisa membuat bisnismu tenggelam dari persaingan usaha. Dan hal inilah yang banyak dialami para pelaku UMKM yang belum go digital. Sehingga banyak UMKM yang tidak bisa bertahan. Bahkan hanya 12,5 persen  UMKM bertahan di tengah gejolak pandemi ini. 

Namun jika melihat data UMKM yang sudah masuk dunia digital, sudah menunjukkan angka 13 persen dari 64 juta UMKM. Hal ini menunjukkan 0,5 persen yang sudah go digital tetap tidak bisa bertahan. Lantas apa yang membuat hal itu terjadi ? Yeah, ketidaksiapan dalam memasuki dunia digital. 

Beradaptasi dengan cepat itu penting, namun terlebih dahulu kamu perlu memastikan kesiapan dalam memasuki dunia digital. Bahkan banyak UMKM yang tidak memiliki strategi dalam memaksimalkan digitalisasi usaha. Hal inilah yang bisa menjadi kegagalan UMKM bertahan di tengah pandemi. 


Apakah Sulit  Bertahan di tengah Pandemi ?

 

Tidak sulit, jika kamu bisa dengan siap beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi usaha. Kamu bisa mulai masuk dunia digital agar bisa memperluas target pemasaran bisnismu. Namun, tentunya kamu tidak boleh asal masuk saja. Kamu perlu merancang strategi khusus, agar peluang dunia digital bisa dirasakan dalam bisnismu. 

Banyak para UMKM bertahan di tengah pandemi, karena mereka bisa beradaptasi dengan dunia digital. Pastinya kamu juga harus cepat memanfaatkan peluang ini agar bisnis mu bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini. Tidak ada hal yang sulit jika kamu mau memulainya!
 

Gimana Strategi Bertahan di Tengah Pandemi ?


 

  1. Masuk Dunia DigitalSumber: Pexels

    Kunci utama agar bisnis mu bisa bertahan di tengah pandemi ini adalah dengan masuk dunia digital. Dengan masuk dunia digital, kamu bisa memperluas jangkauan pemasaran bisnismu, sehingga dapat menunjang peningkatan penjualan. Selain itu, dengan masuk dalam digitalisasi usaha juga bisa menekan biaya pemasaran bisnismu. Hal ini karena, banyak media penunjang pemasaran dengan harga terjangkau bahkan gratis. 
     
  2. Buatlah Strategi Untuk BisnismuSumber: pexels

    Selain masuk dunia digital, kamu juga perlu merancang strategi digital marketing yang tepat untuk bisnismu. Dengan membuat strategi ini, kamu bisa lebih banyak menggunakan berbagai media digital marketing yang sesuai dengan bisnismu. Strategi inilah yang bisa menjadi peta untuk bisnismu memanfaatkan segala peluang digitalisasi yang ada. Mulai sekarang, kamu harus mengoptimalkan berbagai media digital marketing. Mulai dari berbagai media sosial, website bisnis hingga masuk dalam e-commerce
     
  3. Gunakan Berbagai Media Digital MarketingSumber: pexels

    Salah satu faktor sulitnya UMKM bertahan walaupun sudah masuk dunia digital yaitu karena tidak mengoptimalkan berbagai media digital marketing. Jika kamu hanya menggunakan satu media saja, maka akan tetap sulit untuk bertahan. Bahkan banyak pelaku UMKM yang hanya menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran digital. Mulai sekarang, kamu harus mengoptimalkan berbagai media digital marketing. Mulai dari media sosial, website bisnis hingga e-commerce
     
  4. Buatlah Content MarketingSumber: pexels

    Setelah kamu sudah menentukan media-media digital marketing yang akan digunakan bisnismu, langkah selanjutnya yaitu membuat content marketing. Melalui pembuatan konten, bisa menjadi strategi business development untuk meningkatkan engagement pelanggan & daya tarik bagi konsumen baru. Konten ini bisa kamu buat sesuai dengan bidang bisnis & target pasar dari bisnismu. 
     
  5. Gunakan PPC (pay per click)Sumber: pexels

    Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memasang iklan berbayar. PPC (pay per click) merupakan suatu sebutan dunia periklanan yang berbayar. Dengan memasang iklan berbayar ini, kamu bisa memperluas target pasar karena bisa mengatur jangkauan target dari berbagai kriteria. Mulai dari umur hingga wilayah dari target pasar bisnismu.
     
  6. Lakukan evaluasi perkembanganSumber: pexels

    Nah! setelah menggunakan berbagai strategi di atas, bukan berarti akan selalu menunjukkan peningkatan. Sehingga kamu perlu melakukan evaluasi secara berkala berbagai media digital marketing yang telah digunakan oleh bisnismu. Dengan melakukan evaluasi ini, bisa jadi pertimbangan untuk dapat meningkatkan strategi digital marketing bisnismu. 


Tidak menjadi tantangan yang sulit UMKM bertahan di tengah pandemi ini, bilamana mereka bisa sigap beradaptasi dengan perubahan. Tentunya dengan persiapan strategi untuk masuk digitalisasi usaha. Dengan menyiapkan strategi ini, kamu bisa mengoptimalkan berbagai potensi dari digital marketing


Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai media digital marketing, tidak perlu risau ! GoSocial setia bersamamu untuk bisa mengoptimalkan digital marketing bisnismu. 

Share:

Related articles