Mau Mengoptimalkan Facebook Marketing? Kenali Strategi Jitunya

Image Description

Nggak jadi hal yang asing lagi, facebook marketing menjadi salah satu strategi yang jitu dalam menggencarkan promosi pada bisnis 

Banyak para pebisnis yang memaksimalkan potensi facebook marketing untuk dapat menggaet pelanggan. Kalo kamu, sudahkan menggunakan facebook untuk menunjang pemasaran bisnismu ?

Jika belum, mulai sekarang segeralah untuk menggunakan platform ini agar potensi market bisnis mu bisa lebih luas. Tapi tentunya kamu nggak bisa asal menggunakan. Kamu perlu melihat kelebihan & kekurangan facebook, agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi bisnis mu. 

Yuk mengenal Facebook marketing lebih dalam, dan temukan strategi jitunya !

 

Apa Itu Facebook Marketing ?

Sumber: Pexel

Facebook marketing menjadi salah satu bentuk pemasaran digital dalam mengoptimalkan potensi Facebook untuk meningkatkan penjualan bisnis. Dengan Facebook marketing, kamu bisa mendapatkan banyak konsumen yang sesuai dengan target bisnis mu. 

Selain itu, Facebook marketing juga menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan warganet dari berbagai kalangan usia. Sehingga sangat potensial bagi jenis bisnis yang menargetkan konsumen secara menyeluruh. 

Kamu bisa menggunakan Facebook marketing sebagai strategi meningkatkan digital marketing, dengan memperhatikan target utama dari bisnis mu. Karena kamu nggak bisa asal-asalan memilih media sosial utama bagi bisnis, apalagi SDM bisnismu tidak memungkinkan untuk mengolah media sosial secara keseluruhan. 

Tapi tenang! Kamu bisa juga menggunakan layanan social media management GoSocial untuk mempermudah dalam mengolah media sosial marketing bisnis mu. 

 

Apa Pentingnya Facebook Marketing ?

Sumber: Pexel
 

Facebook marketing sangat potensial bagi bisnis mu jika potensi-potensi yang ada dalam Facebook, baik dari segi fitur maupun pengguna bisa menunjang peningkatan penjual produk mu. Apalagi Facebook menjadi salah satu platform yang banyak digunakan audience di Indonesia. Tidak kurang lagi, Facebook juga menyediakan banyak fitur yang bisa menunjang content marketing bisnismu jadi lebih menarik.

Melalui Facebook marketing, banyak pebisnis yang mendapatkan impact penjualan karena bisa menjangkau konsumen yang sebelumnya tidak terjangkau. Dan kamu juga bisa mengoptimalkan itu, salah satunya menggunakan layanan Digital Campaign GoSocial. 

 

Gimana Sih Strategi Jitu Facebook Marketing ?

Sumber: Pexel

  1. Analisis Kebutuhan Pemasaran Bisnismu
    Setiap bisnis memiliki kebutuhan strategi pemasaran yang berbeda, baik dari segi target maupun intensitas promosi yang dilakukan. Dalam strategi Facebook marketing, kamu juga perlu tau kebutuhan utama dari bisnis mu yang berkaitan dengan karakteristik Facebook. Dengan ini, kamu bisa lebih siap dalam menggunakan berbagai potensi & fitur yang dimiliki Facebook.
     
  2. Tentukan Fitur Utama Bisnismu
    Setelah memahami kebutuhan & karakter atau fitur-fitur yang dimiliki Facebook, kamu juga perlu tentukan fitur apa saja yang perlu untuk kamu gunakan dalam bisnis mu. Tentunya sesuai dengan kebutuhan dari bisnis mu ya ! Dua strategi ini lebih mengarah ke analisis ataupun survei ketepatan penggunaan Facebook sebagai media pemasaran buat bisnis mu.
     
  3. Membuat Planning Konten
    Langkah selanjutnya,perlu untuk memetakan konten yang akan kamu buat. Karena konten menjadi kunci utama untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan. Kamu bisa membuat planning dari segi jenis konten apa saja yang akan dibuat, intensitas posting hingga timeline posting konten. 
     
  4. Masuk Fitur Grup Facebook
    Salah satu fitur yang potensial untuk menjangkau banyak pelanggan yaitu dengan bergabung pada grup-grup yang satu bidang dengan bisnis kamu. Dengan ini kamu bisa menjangkau customer yang sesuai dengan target bisnis mu. Karena pastinya, pengguna yang masuk dalam grup tersebut adalah orang-orang yang juga memerlukan jenis produk mu. 
     
  5. Buatlah Grub Bisnismu
    Selain masuk ke dalam grup untuk menjangkau banyak konsumen, kamu juga perlu membuat grub bisnis mu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Selain itu dengan grup bisnis, kamu juga bisa memberikan informasi update produk secara berkala kepada pelanggan. Sehingga akan lebih potensial untuk mengenalkan produk kepada pelanggan.
     
  6. Gunakan Facebook Ads
    Nah fitur yang nggak kalah kece yaitu Facebook ads. Dengan fitur ini, kamu bisa lebih mengoptimalkan strategi Facebook marketing karena akan meningkatkan optimasi dari Facebook bisnis mu. Ketika kamu memasang Facebook ads, maka bisa mengatur target audience secara spesifik baik dari segi umur hingga wilayah target. Sehingga promosi produk mu bisa langsung tertuju ke target utama. 
     
  7. Evaluasi Perkembangan Strategi
    Nah setelah menggunakan berbagai strategi di atas, tentunya kamu perlu melakukan evaluasi perkembangan bisnis mu dari strategi yang sudah kamu gunakan. Misalnya, seberapa efektif sih gunakan Facebook ads atau seberapa ampuh sih konten yang kamu bikin untuk menarik engagement audience. Dengan adanya evaluasi ini, kamu bisa mengembangkan strategi yang lebih baik agar potensi pemasaran di Facebook bisa lebih maksimal. 

Nah itulah 7 strategi Facebook marketing jitu yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan potensi digital marketing. Kamu bisa menggunakan secara keseluruhan strategi tersebut, ataupun memilih beberapa aja. 

Banyak strategi Facebook lainnya yang bisa kamu coba, karena 7 strategi tersebut hanyalah dasaran agar kamu tidak salah jalan dalam mengelolah Facebook. Dan jika kamu mau cara yang lebih praktis dengan hasil yang fantastis, bisa langsung kunjungi layanan social media management GoSocial ya !


 

Share:

Related articles